Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF
Daftar Isi [Tampil]
Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF
![]() |
Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF |
Unduh Pedoman Konsentrasi Sekolah Menengah Atas 2019 - Pedoman Teknis Sekolah Menengah DEKON merupakan pedoman yang dimaksudkan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan RENSTRA (Rencana Strategis) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari 2015 hingga 2019.
Tahun ini merupakan tahun yang penting karena sudah yang ketiga kalinya proyek yang diselenggarakan oleh DITERKTORAT PEMBINAN SMA ini terkait dengan pengelolaan pendidikan menengah yang sepenuhnya diawasi oleh pemerintah provinsi Indonesia. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah.
Setelah kegiatan transfer SMA selesai diharapkan tim pengembangan siswa mendapatkan pengetahuan tentang National Behavioral Education (NBE). Dapat mengikuti atau berpartisipasi dalam festival Olimpiade atau SBM (Manajemen Berbasis Sekolah).
Juknis Dekonsentrasi SMA 2019
(output 5627.016 : siswa yang mengikuti lomba, festival, dan olimpiade)
Gambaran Umum
Setelah kegiatan transfer SMA selesai diharapkan tim pengembangan siswa mendapatkan pengetahuan tentang National Behavioral Education (NBE). Dapat mengikuti atau berpartisipasi dalam festival Olimpiade atau SBM (Manajemen Berbasis Sekolah).
- Olimpiade Sains Nasional (OSN);
- Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N);
- Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN);
- Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Lomba Debat Bahasa Inggris (National Schools Debating Championship - NSDC).
Kegiatan tersebut dilakukan melalui tahapan proses seleksi mulai dari sekolah kabupaten/provinsi dan nasional kota. Setiap negara bagian mengirimkan hasil seleksi / liga kepada siswa secara nasional.
Tujuan
Secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah:
- Mengembangkan minat, bakat, potensi, dan kreativitas peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
- Memberikan akses layanan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
- Meningkatkan sikap kritis, budaya kompetitif, penerapan problem solving dalam pembelajaran; d. Meningkatkan kemandirian diri peserta didik untuk mendukung ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang positif;
- Meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan;
- Mendorong satuan pendidikan dalam pembinaan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
- Menumbuhkan budaya literasi dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
- Menumbuhkan semangat nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Penerima Manfaat
Penerima Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :
- Peserta Didik SMA di seluruh Indonesia Mendapatkan peningkatan pengetahuan dan kapasitas akademik, pembentukan sikap, meningkatkan mutu, dan semangat daya saing SMA di seluruh Indonesia.
- Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia Mendapatkan gambaran kualitas pendidikan di tingkat provinsi.
- Direktorat Pembinaan SMA. Mendapatkan gambaran kualitas dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa di tingkat nasional dan internasional.
Jenis Kegiatan
Output ini memiliki 4 sub-output dan implementasinya dibiayai oleh dana desentralisasi. Artinya siswa yang berpartisipasi dalam Olimpiade Sains. Mahasiswa peserta Festival dan Kompetisi Seni Mahasiswa Nasional (FLS2N) c. Siswa peserta Olimpiade Olahraga Pelajar Nasional (O2SN) d. Siswa peserta Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National English School Debate Tournament (NSDC). Detail aktivitas untuk setiap sub-output adalah sebagai berikut:
Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025
1). Mendeskripsikan kegiatan koordinasi yang dilakukan untuk penyusunan Rencana Peningkatan dan Pengembangan Mutu SMA 2025 2019-2025 Peta Persyaratan Sarana dan Prasarana SMA dan penyusunan Rencana Peningkatan dan Pengembangan Mutu SMA 2025 Provinsi. Operasi tersebut dilakukan oleh 34 dinas pendidikan provinsi termasuk dinas pendidikan provinsi (Badan Perencanaan dan Penganggaran) administrasi keamanan publik provinsi (lembaga keuangan dan pengelolaan aset provinsi) dan cabang administrasi pendidikan provinsi (UPT Divisi Pendidikan). dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). ) Musyawarah Profesi Direksi (MKKS) merekomendasikan Satgas Data Inti Pendidikan Daerah Sekolah Menengah Kewirausahaan dan Sekolah Menengah Pertama.
2). Mekanisme Kegiatan Mekanisme kegiatan penyusunan “Roadmap Pembangunan dan Peningkatan Mutu Sekolah Menengah Atas Tahun 2025” adalah sebagai berikut: a) Merumuskan rencana pelaksanaan kegiatan koordinasi tahun 2025 untuk pembangunan dan peningkatan mutu SMA provinsi. materi pelaksanaan dan pedoman kegiatan koordinasi pengembangan mutu dan pengembangan SMA provinsi 2025. Pada tahun 2025 kualitas sekolah menengah provinsi akan dikembangkan dan ditingkatkan. d) Koordinasi kegiatan pengembangan dan peningkatan mutu SMA provinsi tahun 2025.
Dinas Pendidikan Kabupaten harus memulai dengan menjelaskan teknis pelaksanaan Kegiatan Desentralisasi Dinas Sekunder Tahun 2019 bersamaan dengan pelaksanaan Rencana Aksi dan menyiapkan pedoman pelaksanaan untuk setiap kegiatan. Ini akan berguna.