Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Kaum Sarungan Merupakan Media Edukasi Santri Dalam Menulis di Era Melenial Baik Yang Berhubungan Dengan Agama Maupun Umum.

I’rab Dzahiri, Taqdiri dan Mahalli

Daftar Isi [Tampil]

 I’rab Dzahiri, Taqdiri  dan Mahalli

kaumsarungan.my.id - I’rab Dzahiri, Taqdiri  dan Mahalli, I'rob adalah perubahan akhir kalimat karna berbedanya amil-amil yang memasuk, baik itu perubahannya saraca dzahiri (lafadh), taqdiri (perkiraan), atau secara mahalli (posisinya).



Pembagian I'rob

Pembagian I’rab (إعراب ) Kata (کلمة ) terbagi dua: mu’rab (معرب ) dan mabni (مبنی ). I’rab bagi kata yang mu’rab berupa Zahiri (ظاهری ) , Taqdiri (تقدیری ) dan  Mahalli (محلی ).



1. I’rab Zahiri (لفظی/ظاهری )

I’rab Zahiri (لفظی/ظاهری ) adalah i’rab yang nampak dan terlihat di akhir kata, baik dengan huruf atau dengan harakat. Contohnya: نَصَرَ اللهُ المؤمنَ

اللهُ : fa’il untuk نَصَرَ dan marfu’ dengan i’rab zahiri dan tandanya ialah dhammah. المؤمنَ : maf’ul untuk نَصَرَ dan manshub dengan i’rab zahiri dan tandanya ialah harakat fathah.




2. Taqdiri (تقدیری )

Taqdiri (تقدیری ) adalah i’rab kata-kata yang dikarenakan suatu alasan lalu tidak bisa menerima i’rab zahiri. Isim-isim yang i’rabnya adalah i’rab taqdiri terdiri dari tiga komponen:


 a. Isim maqshur ( اسمٌ مقصو ر ): suatu isim yang huruf akhirnya adalah huruf alif maqshurah 

( ی - آ ).  seperti: کُبرَی – الهُدَی – العَصَا

Pada tiga kondisi i’rab isim maqshur (rafa’, nashab, dan jar) adalah bersifat taqdiri. 

Contohnya:

جَاءَ المُرتضَی (kata المُرتضَی secara taqdiri adalah marfu’).

 رَأیتُ المُرتضَی (kata المُرتضَی secara taqdiri adalah manshub).

 سَمِعتُ مِنَ المُرتَضَی (kata المُرتضَی secara taqdiri adalah majrur).



b. Isim manqush ( اسمٌ منقو ص ): suatu isim yang huruf akhirnya huruf Ya (ي) yang tidak bertasydid dan huruf sebelum Ya (ي) berupa kasrah seperti: الهَادِی – القَادِی – الوَافی

I’rab isim manqush hanya di dua kondisi (rafa’ dan jar) berupa taqdiri dan adapun i’rabnya ketika nashab ialah bersifat zahiri. 

Contoh: 

جاءَ الهَادِی (kata الهَادِی adalah marfu’ secara taqdiri). 

رَأیتُ الهَادِیَ (kata الهَادِی adalah manshub secara zahiri/lafzi).

سَمِعتُ مِن الهَادِی (kata الهَادِی adalah majrur secara taqdiri). 


Isim yang bersambung dengan dhamir mutakallim wahdah (ي) seperti: کِتَابِي – عَینِي – أبي , dari sisi i’rabnya, baik i’rab rafa’, nashab dan jar, adalah bersifat taqdiri. Contoh: قال أبي (kata أبي adalah marfu’ secara taqdiri). رأیتُ أبي (kata أبي adalah manshub secara taqdiri). سمعتُ مِن أبي (kata أبي adalah majrur secara taqdiri).




3. I’rab Mahalli (محلی )

I’rab Mahalli (محلی ) adalah ketika kata (کلمة ) yang mabni atau kalimat (جملة ) atau serupa kalimat (شبه الجملة ) menduduki tempat kata (کلمة ) yang mu’rab, maka i’rabnya akan berupa i’rab Mahalli. Contohnya: نَصَرَ هذا ذَاكَ


هذا : fa’il untuk نصر dan mahallan marfu’ sebab هذا adalah isim isyarah ( إسم إشارة ) dan mabni dan juga terletak atau berada di posisi dimana seharusnya menerima rafa’. Makanya ia mahallan marfu’ (محلاً مرفوع ). ذَاكَ : maf’ulun bihi dan mahallan manshub  (محلاً منصوب ).



Catatan: 

kalimat (جملة ) atau serupa kalimat (شبه الجملة ) sehukum dengan kata mabni (کلمة مبنیة ). Dengan demikian, i’rabnya juga adalah mahallan (محلاً ). 




Rangkuman I’rab Zahiri, Taqdiri  dan Mahalli

I’rab pada kata mu’rab ada dua. Pertama: zahiri ketika i’rab di akhirnya zahir. Kedua: taqdiri ketika i’rab di akhirnya tidak zahir. I’rab pada kata mabni adalah mahalli dan itu ketika terletak dan menduduki posisi kata yang mu’rab.

Posting Komentar untuk "I’rab Dzahiri, Taqdiri dan Mahalli"