Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Kaum Sarungan Merupakan Media Edukasi Santri Dalam Menulis di Era Melenial Baik Yang Berhubungan Dengan Agama Maupun Umum.

Tanda -Tanda I'rob dari 4 I'rob dalam Bahasa Arab

Daftar Isi [Tampil]

Tanda -Tanda I'rob dari 4 I'rob dalam Bahasa Arab


kaumsarungan.my.id - Tanda -Tanda I'rob dari 4 I'rob dalam Bahasa Arab, Sebelumnya kita sudah bahas pengertian dan pembagian i'rob dalam bahasa arab yang telah kita ketahui bersama bahwa i'rob dalam bahasa ara ada 4 yaitu: i'rob rofa', nashab, jar, dan jazem.



tanda-tanda i'rob yang ada 4 i'rob dalam bahasa arab


1. Tanda I'rob rofa'

Sebagaimana disebutkan dalam kitab matan jurumiyah bahwa tanda i'rob rofa' ada 4 yaitu: dhommah, wawu, alif dan nun.

 

Sebagaimana dalam nadzom imriti


ْلِلرَّفْعِ مِنْهَا ضَمَّةٌ وَاوٌاَلِفْ # كَذَاكَ نُوْنُ ثَابِتٌ لَامُنْحَذِف

I'rob rofa' mempunyai 4 tanda yaitu dhommah, wawu, alif, demikian pula nun tsabit (tetap) yang tidak dihilangkan.



1).Dhommah

Dhommah menjadi tanda pokok atau asli dari i'rob rofa' sedangkan wawu, alif dan nun merupakan pengganti dari dhommah dalam i'rob rofa'. 


Dhommah menjadi tanda i'rob rofa' berada di empat tempat yakni:


a. Isim mufrod,  contoh:

ٌاَلْعِلْمُ نُوْر ilmu itu cahaya

ٌزَيْدٌ قَائِم zaid itu berdiri

Isim mufrod adalah isim yang bermakna satu.


b. Jamak taksir,  contoh:

ٌاَلزُّيُوْدُ قُوَّام zaid-zaid itu berdiri

 اَلْكُتُبُ مَوْضِعُ الْعُلُوْمِ kitab-kitab itu berisi ilmu 

Jamak taksir adalah lafadz yang berubah dari bentuk mufrodnya. Sebagaimana contoh di atas lafadz زُيُوْدُ yang mana mufrodnya adalah زَيْدٌ jamaknya زُيُوْدُ  

Lafadz كُتُبٌ mufradnya كِتَابٌ 


c. Jamak muannats salim,  contoh:

ِاَلْمُسْلِمَاتُ طَالِبَاتُ الْعِلْم wanita-wanita muslim itu menuntut ilmu


Jamak muannats salim adalah lafadz yang dijamakkan dengan memakai alif dan ta'  yang ditambahkan.  Sebagaimana contoh di atas اَلْمُسْلِمَاتُ yang mufrodnya مُسْلِمَةٌ

طَالِبَاتُ yang mufrodnya adalah طَالِبٌ


d. Fi'il mudhori' yang pada huruf akhirnya tidak bertemu dengan alif dhomir tasniyah, wawu jamak, ya' muannats mukhotobah, nun taukid tsaqilah ataupun khofifah, contoh:

يَعْلَمُ dia lk2 sedang/akan mengetahui

يَضْرِبُ dia lk2 sedang/akan memukul

Fi'il mudhori' adalah lafadz yang menunjukkan kejadian yang sedang berlangsung dan yang akan datang. 

Adapun contoh fi'il mudhori' yang bertemu dengan  alif dhomir tasniyah,  wawu jamak,  ya' muaanats mukhotobah, nun taukid tsaqilah ataupun khofifah adalah sebagai berikut:

يَفْعَلاَنِ

يَفْعَلُوْنَ

تَفْعَلِيْنَ

تَفْعِلُنَّ

لاَتَفْعِلُنْ

Itulah wazan-wazan fi'il mudhori' yang bertemu dengan  alif dhomir tasniyah,  wawu jamak,  ya' muaanats mukhotobah, nun taukid tsaqilah ataupun khofifah. 


Sebagaimana dalam nadzhom imrithi


ُفَالضَّمُّ فِى اسْمٍ مُفْرَدٍ كَاَحْمَدُ # وَجَمْعِ تَكْسِيْرٍ كَجَاءَ اْلاَعْبُد

    وَجَمْعُ تَأْنِيْثٍ كَمُسْلِمَاتٍ # وَكُلِّ فِعْلٍ مُعْرَبٍ كَيَأْتِىْ    


Dhommah menjadi tanda i'rob rofa' pada isim mufrod, contohnya seperti: اَحْمَدُ pada jamak taksir contohnya seperti: اَعْبُدٌ asalnya عَبْدٌ pada jamak muannats salim contohnya seperti: مُسْلِمَاتٌ dan pada fiil mu'rob (mudhori') contohnya seperti: يَأْتِىْ (يَقْرَأُ)



2).Wawu

Wawu menjadi tanda i'rob rofa'  terdapat di dua tempat yaitu:


a. Jamak mudzakkar salim, contoh:

جَاءَ الزَّيْدُوْنَ zaid-zaid itu telah datang

Jamak mudzakkar salim adalah lafadz yang menunjukkan bentuk jamak dengan memakai wawu dan nun pada huruf akhirnya, yaitu bila bila dalam keadaan rofa', sedangkan ya' dan nun bila dalam keadaan nashab dan jer.


- contoh dalam keadaan jar 

مَرَرْتُ بِالزََيْدِيْنَ aku telah berpapasan dengan beberapa zaid

- contoh dalam keadaan nashob

رَأَيْتُ الزَّيْدِيْنَ aku telah melihat beberapa zaid


Untuk contoh dalam keadaan rofa' seperti yang tertulis di atas. 


b. Asmaul khomsah yaitu lafadz: ٌاَبٌ،اَخٌ،حَمٌ،فَم،dan ذُوْ yang di idhofahkan kepada lafadz lainnya. Contoh:

اَبُوْكَ،حَمُوْكَ،فُوْكَ،ذُوْمَالٍ


3).Alif 

Alif menjadi tanda i'rob rofa' hanya khusus pada isim tasniyah saja. 

Contoh: جَاءَ الْمُسْلِمَانِ dua orang islam telah datang


Isim tasniyah adalah lafadz yang menunjukkan dua dengan memakai alif dan nun pada huruf akhirnya, yaitu bila dalam keadaan rofa', sedangkan ya' dan nun bila dalam keadaan nashab dan jar. 


- contoh dalam keadaan nashob

رَاَيْتُ الْمُسْلِمَيْنِ aku telah melihat dua orang islam 

- contoh dalam keadaan jar

مَرَرْتُ بِالْمُسْلِمَيْنِ aku telah berapasan dengan dua orang islam



4).Nun 

Nun menjadi alamat i'rob rofa' terdapat pada fi'il mudhori' yang bertemu dengan dhomir tasniyah atau dhomir jamak mudzakkar atau dhomir muaantas mikhotobah. 

-contoh bertemu dhomir tasniyah

يَفْعَلَانِ

تَفْعَلاَنِ

-contoh bertemu dhomir jamak

يَفْعَلُوْنَ

تَفْعَلُوْنَ

-contoh dhomir muannats mukhotobah

تَفْعَلِيْنَ

Contoh diatas dikenal dengan istilah af'aalul khomsah. 





2. Tanda i'rob nashob

I'rob nashob mempunyai lima tanda yaitu fathah, alif, kasroh, ya' dan menghilangkan huruf nun.


Sebagaimana dalam nadzom imriti


لِلنَّصْبِ خَمْسٌ وَهْىَ فَتْحَةٌ اَلِفْ # كَسْرٌ وَياَءٌ ثُمَّ نُوْنٌ تَنْحَذِفْ

I'rob nashob mempunyai lima tanda yaitu fathah,  alif, kasroh, ya' dan membuang (menghilangkan)  huruf nun. 


1).Fathah 

Fathah menjadi tanda asli i'rob nashob sedangkan alif, kasroh,  ya', menghilangkan huruf nun merupakan tanda pengganti dari fathah. 


Fathah menjadi i'rob nashob berada pada tiga tempat,  yaitu:

a. Isim mufrod, contoh:

رَاَيْتُ زَيْدًا aku telah melihat zaid

b. Jamak taksir, contoh:

رَاَيْتُ زُيُوْدًا aku telah melihat beberapa zaid

c . Fi'il mudhori' yang kemasukan amil yang menasobkan dan akhir fi'il itu tidak bertemu dengan alif dhomir tasniyah, wawu jamak,  ya' muannats mukhotobah dan nun taukid.

Contoh: لَنْ يَفْعَلَ dia tidak akan dapat berbuat


2.)Alif

Alif menjadi tanda i'rob nasob berada di asmaul khomsah.

Contoh: رَاَيْتُ اَبَاكَ وَاَخَاكَ aku telah melihat ayahmu dan saudaramu


3.)Kasroh

Kasroh menjadi tanda i'rob nasob berada di jamak muannats salim saja. 

Contoh: رَاَيْتُ الْمُسْلِمَاتِ aku telah melihat orang-orang islam perempuan


4.)Ya'

Ya' menjadi tanda i'rob nasab berada di dua tempat yaitu:

a. Isim tasniyah, contoh: صَلَّيْتُ فِى الْمَسْجِدَيْنِ aku telah sholat di dua masjid

b. Jamak mudazakkar salim,  contoh: رَاَيْتُ الْمُعَلِّمِيْنَ aku telah melihat guru-guru


5.)Menghilangkan huruf nun

Menghilangkan huruf nun menjadi tanda i'rob nasob berada di af'alul khomsah. 

Contoh:

اَنْ يَفْعَلَا

اَنْ تَفْعَلَا

اَنْ يَفْعَلُوْا

اَنْ تَفْعَلُوْا

اَنْ تَفْعَلِى





3. Tanda i'rob khofadh/jar

I'rob khofadh/jar mempunyai tiga tanda yaitu kasroh, ya', dan fathah.


Sebagaimana dalam nadzom imriti


عَلاَمَةُ الْخَفْضِ اَلَّتِى بِهَا انْضَبَطْ # كَسْرٌ وَيَاءٌ ثُمًَ فَتْحَةٌ فَقَطْ

Tanda i'rob khofadh/jar yang telah ditentukan ialah kasroh, ya dan fathah saja.


1.)Kasroh

Kasroh menjadi tanda asli dari i'rob khofadh sedangkan ya' dan fathah adalah tanda pengganti dari kasroh. 


Kasroh menjadi tanda bagi i'rob khofadh berada pada tiga tempat yaitu:


a. Isim mufrod yang menerima tanwin

Contoh: مَرَرْتُ بِزَيْدٍ aku telah berpapasan dengan zaid

b. Jamak taksir yang menerima tanwin

Contoh: مَرَرْتُ بِرِجَالٍ aku telah telah berjumpa dengan beberapa lelaki 

c. Jamak muannats salim

Contoh: مَرَرْتُ بِمُسْلِمَاتٍ aku telah berjumpa dengan wanita-wanita islam


 2.)Ya'

Ya' menjadi tanda i'rob khofadh berada di tiga tempat yaitu:

a. Asmaul khomsah

Contoh: مَرَرْتُ بِاَبِيْكَ وَاَخِيْكَ aku telah bertemu dengan ayahmu dan saudaramu

b. Isim tasniyah 

Contoh: جَلَسْتُ فِى بَيْتَيْنِ aku telah duduk di dua rumah

c. Jamak mudzakkar salim

Contoh: مَرَرْتُ بِالزَّيْدِيْنَ aku telah berjumpa dengan beberapa zaid


3.)Fathah

Fathah menjadi i'rob khofadh/jar berada pada isim yang tidak menerima tanwin (ghiru munshorif).


Adapun isim yang tidak menerima tanwin atau isim ghoiru munshorif ini di antaranya adalah sebagai berikut:

a. Isim alam (nama benda) yang berwazan af'al

Contoh: مَرَرْتُ بِاَحْمَدَ وَاَكْرَمَ aku telah berpapasan dengan dengan ahmad dan akrom

b. 'Alam 'ajam (nama non arab)  yang hurufnya lebih dari tiga

contoh: مَرَرْتُ بِيُوْسُفَ وَسُلَيْمَانَ aku telah bertemu dengan yusuf dan sulaiman

c. Bentuk / sighot muntahal jumu' (bentuk jamak paling akhir)

contoh: صَلَّيْتُ فىِ مَسَاجِدَ aku telah sholat di beberapa masjid

d. 'Alam muannats yang memakai ta' marbutho

contoh: مَرَرْتُ بِطَلْحَةَ وَفَاطِمَةَ aku telah berpapasan dengan tolhah dan fatimah

e. 'Alam tarkib mazji (menjadikan dua kalimat menjadi satu)

contoh: مَرَرْتُ بِبَعْلَبَكَّ aku telah berjumpa dengan ba'labak

f. 'Alam dan 'Adal (isim yang keluar dari shigot aslinya)

contoh: مَرَرْتُ بِعُمَرَ وَزُحَلَ aku telah berjumpa dengan umar dan zuhal

untuk lebih rincinya tentang isim ghoiru munshorif  akan di tulis dalam judul khusus isim ghoiru munshorif insyallah.




4.Tanda i'rob jazem

I'rob jazem itu mempunyai dua tanda yaitu sukun dan membuang (nun dan huruf i'llat) 


Sebagaimana dalam nadzom imriti


وَالْجَزْمُ فِى اْلاَفْعَالِ بِالسُّكُوْنِ # اَوْحَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْ نُوْنٍ

I'rob jazem pada fi'il - fi'il itu dengan memakai sukun,  atau membuang huruf illat,  atau membaung nun (tanda rafa')  pada af'alul khomsah. 


1).Sukun

Sukun menjadi tanda pokok/asli i'rob jazem sedangkan membuang  (nun dan huruf illat)  merupakan tanda pengganti dari sukun. 


Adapun sukun menjadi tanda bagi i'rob jazem berada pada fi'il mudhori' yang shohih akhirnya. 

Contoh: لَمْ يَفْعَلْ 


2).Membuang (nun dan huruf illat) 

Membuang itu menjadi tanda i'rob jazem berada di pada fi'il mudhori' yang mu'tal akhir dan pada afalul khomsah. 

 Contoh yang mu'tal akhir:

َلَمْ يَلْق  yang asalnya يَلْقٰى

Contoh yang afalaul khomsah:

لَمْ يَفْعَلُوْا



Itulah tanda-tanda i'rob yang ada 4 dalam bahasa arab semoga bermanfaat.